Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Selasa, 14 Desember 2010

Fatwa Syaikh Abdul Aziz Bin Abdullah Aalus Syaikh Tentang Libanon

Share |
Fatwa Mufti Kerajaan Arab Saudi: Abdul Aziz Bin Abdullah Aalus Syekh Hafidzahullah

Beliau ditanya dari Perancis dengan pertanyaan berikut: “Apakah di Libanon ada jihad melawan orang-orang kafir ,jazakumullahu khairan?”

Jawaban:
“Demi Allah wahai saudaraku,aku memohon kepada Allah agar memberi petunjuk kepada kaum muslimin untuk beramal shalih.Wahai saudaraku,satu hal (yang harus diperhatikan) yaitu bahwa Islam menjadikan jihad di jalan Allah dengan tujuan yang satu:

من قاتل لتكون كلمة الله هي العليا فهو في سبيل الله، الرسول - صلى الله عليه وسلم - سُئل: الرجل يقاتل شجاعة، الرجل يقاتل حمية أي ذلك في سبيل الله ؟ قال -صلى الله عليه وسلم - :" من قاتل لتكون كلمة الله هي العليا فهو في سبيل الله

“Barangsiapa yang berperang untuk meninggikan kalimat Allah, maka itulah fi sabilillah.” Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam ditanya: “Ada seseorang berperang karena keberanian,ada seseorang berperang karena semangat,yang manakah di jalan Allah ?”, maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam menjawab: “Barangsiapa yang berperang untuk meninggikan kalimat Allah, maka itulah fi sabilillah”.

Tidaklah dikatakan fi sabilillah, kecuali apabila memiliki tujuan yang satu dalam berperang yaitu meninggikan kalimat Allah dengan mentauhidkan-Nya,berhukum dengan syari’atnya,dan tegak dengan apa-apa yang diwajibkan-Nya. Adapun selain itu maka bukan fisabilillah, fanatisme, semangat jahiliyyah tidaklah mengarah kepada tujuan.

Sesungguhnya hanya yang mengarah kepada tujuan adalah jihad tersebut dibangun untuk menolong agama Allah dan meninggikan syari’at-Nya, mengajak untuk memurnikan agama hanya untuk-Nya dan berhukum dengan Kitabullah dan sunnah Rasul-Nya Shallallahu ‘alaihi wassalam. Dan mereka yang berperang senantiasa berpegang teguh dengan Al-Kitab dan Sunnah.

Adapun bila komitmen terhadap Islam telah lenyap, sehingga Islam hanya menjadi nama yang tidak ada hakekatnya. Maka jadilah peperangan karena maksud dan tujuan tertentu dan bukan untuk meninggikan kalimat Allah, bukan pula untuk menolong kebenaran serta untuk menegakkan ibadah hanya kepada Allah sebagaimana yang diridhaiNya.

Maka (jihad semacam, red) ini bukan jihad. Islam itu hakekatnya adalah meyakini dalam hati, mengucapkan dengan lisan dan mengamalkan dengan anggota tubuh. Maka orang-orang yang berperang, jikalau mereka di atas tauhid dan memurnikan ibadah hanya untuk Allah, istiqomah di atas syari’at Allah dan mengimani syari’at ini baik secara Aqidah, Manhaj, Akhlaq dan perilaku, maka itu sungguh sangat mulia. Iya…

Transkrip asli dalam bahasa Arab :

- وقال شيخنا العلامة سماحة مفتي عام بلاد التوحيد المملكة العربية السعودية عبد العزيز بن عبد الله آل الشيخ - حفظه اللهفي محاضرته بعنوان ( مفهوم الجهاد في الإسلام ) بجامع الأمير تركي بن عبدالله بتاريخ 24-6-1427 هـ
-
فسئل -حفظه الله - من فرنسا السؤال التالي: هل هنالك جهاد في لبنان ضد الكفار وجزاكم الله خيرا ؟
(
الجواب ):
والله يا إخواني أسأل الله أن يرزق المسلمين العمل الصالح، يا أخواني أمر هو أن الإسلام جعل الجهاد في سبيل الله غايته واحدة : من قاتل لتكون كلمة الله هي العليا فهو في سبيل الله، الرسول - صلى الله عليه وسلم - سُئل: الرجل يقاتل شجاعة، الرجل يقاتل حمية أي ذلك في سبيل الله ؟ قال -صلى الله عليه وسلم - :" من قاتل لتكون كلمة الله هي العليا فهو في سبيل الله " لايكون في سبيل الله إلاّ إذا كان الهدف من ذلك القتال أن تكونَ كلمة الله هي العليا لتوحيده وتحكيم شريعته والقيام بما أوجب، ما سوى ذلك فليس في سبيل الله، العصبية والحمية الجاهلية لا تخدم هدفا، إنما يخدم الهدف إن سبق هذا الجهاد لأجل نُصرة دين الله وإعلاء شريعته والدعوة إلى إخلاص الدين له وتحكيم كتابه وسنة رسوله -صلى الله عليه وسلم- وكان هؤلاء المقاتلين على جانب من التمسك بالكتاب والسنة، أما إذا عُدم التمسك بالإسلام وصار الإسلام اسمًا لا حقيقة له، وصار القتال لأهدافٍ وأغراض وليس لأجل إعلاء كلمة الله، وليس لأجل نُصر الحق، وليس لأجل إقامة عبادة الله على ما يرضيه فليس هذا بجهاد، الإسلام حقيقته اعتقاد القلب ونطق اللسان وعمل الجوارح، فالذين يقاتلون إن كانوا على توحيد وإخلاص لله واستقامة على شرع الله وإيمان بهذه الشريعة عقيدةً ومنهجًا، أخلاقًا وسلوكا، فنِعم. نعم
إهـ كلامه حفظه الله.
(
نقلاً عن الأخ المفضال ابن سالم من شبكة سحاب ).

(Fatwa ini diambil dari ceramah beliau yang berjudul “Pemahaman jihad dalam Islam,di Jami’ Al-Amir Turki bin Abdullah tanggal 24-6-1427 H. Diambil dari situs www.sahab.net, ditranskrip oleh Al-Akh Ibnu Salim dan diterjemahkan oleh Al Ustadz Abu Karimah Askari bin Jamal Al-Bugisi)
 versi ebook ada di bawah ini

Photobucket

Tidak ada komentar:

Posting Komentar